wisata tmii
sumber : kompas.com

Wisata TMII pada Hari Libur Lebaran 2021

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
wisata TMII
sumber : idxchannel.com

Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal sebagai TMII tentu saja sudah menjadi tempat wisata yang tak asing lagi di telinga masyarakat Jakarta. Menyambut adanya lebaran yang akan jatuh pada hari Kamis (13/05/2021) dan adanya libur lebaran. Kepala Humas TMII mengatakan selama libur lebaran Kamis, 13 Mei 2021 sampai dengan Minggu, 16 Mei 2021 TMII dibuka mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB.

Dikutip dari kompas, Adi Widodo selaku Kepala Humas mengatakan “Untuk operasional TMII mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Pembaharuan Info.” Kita ketahui sebelumnya TMII hanya dibuka dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Namun, setelah dipelajari lebih lanjut seruan Gubernur, memperbolehkan tempat wisata untuk buka hingga pukul 21.00 WIB.

Dari hasil survei yang dilakukan pada hari Kamis, 13 Mei 2021 kemarin yang bertepatan dengan lebaran, jumlah pengunjung TMII mencapai 12.469 orang. Jumlah pengunjung ini terdiri dari tiket online atau individual sebanyak 2.469, satu unit bus dan sebanyak 1.475 unit mobil dan 2207 unit motor. Aturan dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan tempat wisata saat ini hanya diperbolehkan menerima pengunjung sebanyak 30 persen dari kapasitas normalnya.

Jadi saat ini wisata TMII hanya dapat menerima pengunjung 30 persen yaitu sebanyak kurang lebih 18.000 pengunjung. Ketika pengunjung sudah lebih dari 18.000 maka dengan adanya koordinasi dari kepolisian pintu masuk akan ditutup. Dalam mengantisipasi keadaan pandemi yang ada, Adi mengungkapkan telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung protokol kesehatan.

Prokes yang Berlaku dalam TMII

Dikutip dari antara, Adi mengungkapkan mengenai sejumlah prokes yang yang disiapkan untuk memfasilitasi para pengunjung. “Untuk prokes dari gerbang di semprot disenfektan, pengecekan suhu dilakukan di loket dan pengunjung wajib mengenakan masker. Beberapa lokasi strategis disiapkan tempat susi tangan, begitu juga di setiap wahana.” Ungkap Adi.

Adi juga mengungkapkan mengungkaopkan fasilitas prokes lainnya. Yaitu berupa adanya petugas yang akan berkeliling untuk selalu mengingatkan pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan juga mengenakan masker). TMII juga menyiapkan pos kesehatan untuk para pengunjung yang merasa tidak enak badan sehingga dapat memeriksakan kesehatan.

Petugas akan menghimbau pengunjung yang kurang enak badan untuk melapor pada pentugas yang berjaga. Atau tenaga kesehatan yang berada di pos kesehatan untuk kemudian dapat diperiksa oleh petugas medis.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan beroperasinya tempat wisata di masa libur lebaran 2021 ini. Hal ini tertuang dalam surat edaran dinas pariwisata dan ekonomi kreatif DKI Jakarta. Nomor 81/SE/2021 mengenai operasional tempat wisata pada libur lebaran 2021 di masa PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

More Updates

Stay Connected