Teknologi 5G

Teknologi 5G

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email

Teknologi 5G – Populasi manusia yang besar akan mendatangkan konsekuensi besar bagi kehidupan. Kebutuhan dasar akan kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, air, makanan, bahkan tuntutan pakaian akan meningkat dengan cepat. Salah satu kebutuhan dasar yang juga perlu dipertimbangkan adalah komunikasi. Telekomunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan orang modern. Mereka merasa lebih aman, produktif, inovatif, dan banyak manfaat yang dapat diperoleh dari telekomunikasi.

Indonesia telah menunjukan suatu kemajuan yang cukup baik di bidang teknologi, misalnya dengan masuknya jaringan 5G di Indonesia. Jaringan 5G mulai diluncurkan di Indonesia pada hari Kamis, 27 Mei 2021.

Lalu apakah sebenarnya jaringan 5G itu? Siapa saja yang dapat memakainya? Apa saja kelebihan dan kekurangnnya?

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut!

Apa Itu Teknologi Jaringan 5G?

Ilustrasi, (AFP PHOTO/Pau Barrena).

5G merupakan teknologi generasi lima yang dikembangkan oleh para peneliti. Teknologi ini merupakan lanjutan dari teknologi 4G yang sekarang ini banyak digunakan masyarakat.  5G merupakan pembuktian bahwa inovasi tetap dilakukan secara terus-menerus saat berjalan nya perkembangan zaman seperti saat ini. Walaupun jaringan 4G sudah memadai untuk menjalankan semua hal di internet, tetapi 5G ini berusaha untuk melakukannya dengan lebih baik.

Adanya perkembangan generasi teknologi diantaranya generasi 1G yang berawal pada tahun 1980 yaitu suatu layanan suara dengan sistem analog. Generasi 2G pada akhir tahun 1980 dengan adanya sinyal untuk mentransmisikan suara. Lalu ada, generasi 3G dengan menyediakan pengaksesan pada suatu email, multimedia service. Generasi 4G dengan adanya IP atau internet protocol dengan tingkat keamanan yang tinggi. Sampai dengan generasi 5G Seluruh negara bahkan dunia sedang banyak memperbincangkan mengenai 5G atau generasi kelima yang sedang dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar di China Tiongkok. Yang mengembangkan suatu koneksi internet yaitu 5G dengan rancangan yang super canggih dan merupakan perkembangan dari adanya 4G.

Jaringan 5G atau Fifth Generation adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G. Singkatnya 5G ini adalah sebuah standar generasi baru di dunia teknologi telekomunikasi.

Teknologi ini yang merupakan perkembangan dari adanya teknologi jaringan 4G yang sangat berbeda dari teknologi jaringan 4G. Dengan adanya kecepatan yang berkali kali lipat dari teknologi 4G akan sangat membantu sumber daya manusia ataupun berbagai bisnis yang bisa saja yang biasa dilakukan secara manual menjadi bisa dilakukan secara otomatis.

Cara Kerja

Dalam teknologi ini terdapat lima teknologi yang membangun sebuah fondasi, yakni beamforming, gelombang milimeter, byte fullduplex, jaringan sel kecil dan MIMO masif (Multiple Input Multiple Output). Teknologi ini akan beroperasi apabila terdapat spektrum gelombang milimeter, karena ukurannya hanya sekitar 1 hingga 100 milimeter maka disebut milimeter. Hal itu adalah pita frekuensi tinggi dari spektrum nirkabel antara 30 hingga 300 gigahertz Gelombang ini dapat transfer data pada kecepatan tinggi. Jalur baru pada jalan raya komunikasi dapat muncul apabila frekuensi gelombang nya lebih tinggi lagi, kalau gelombang frekuensi nya rendah maka hal itu tak akan terjadi. Sistem kerja pada teknologi 5G ini seperti biasa, data dikirimkan melewati gelombang radio yang terdapat frekuensi dan perbedaan masing-masing. Perbedaan ini dibagi sesuai tipe yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

More Updates

Stay Connected