Tampilan Windows (hottech)
Tampilan Windows (hottech)

Perkembangan Sistem Operasi Windows Dari Masa Ke Masa (part 3)

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email

Perkembangan Sistem operasi Windows (www.microsoft.com) dari tahun ke tahun mengalami pembaharuan. pada artikel sebelumnya kita sudah membahas ke dalam beberapa bagian, mulai dari generasi pada Windows 1 hingga Windows 7. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa generasi perkembangan sistem operasi Windows setelah Windows 7 diluncurkan. Mari kita simak baik-baik!

ilustrasi Windows (digitaltrends.com) 
ilustrasi Windows (digitaltrends.com) 

Windows 8

Pada bulan Oktober tahun 2012, Windows 8 pertama kali hadir. Sistem operasi ini disebut-sebut membawa perombakan system interface paling besar-besaran yang pernah dilakukan oleh perusahaan Micorosft terhadap system operasi Windows. Pasalnya, pada system operasi Windows 8, Microsoft tidak lagi menggunakan tombol dan menu start pada desktop. Hal ini bertujuan agar sistem operasi itu lebih cocok dengan perangkat layar sentuh. Alhasil, tombol start pada desktop tersebut tergantikan dengan tombol “start screen”. Microsoft juga turut merombak tampilan dari ikon program yang ada di menu start, menjadi bentuk baru dari widget yang tersusun dalam tiles.

Windows 8.1

Setahun setelah berhasil meluncurkan Windows 8, kini Microsoft kembali meluncurkan Windows 8.1 pada bulan Oktober tahun 2013. Berbeda dari Windows generasi sebelumnya, Microsoft kali ini kembali menambahkan tombol start pada desktop. Di Windows 8.1, pengguna bisa memilih secara langsung untuk masuk ke desktop Windows.

Windows 10

Windows 10 diluncurkan pertama kali pada tahun 2015 lalu. Sistem operasi ini merupakan suatu sistem operasi penerus dari sistem operasi sebelumnya, Windows 8.1 yang menerapkan sejumlah fitur-fitur baru. Penambahan fitur baru tersebut diantaranya seperti teknologi personal assistant Cortana hingga keamanan berbasis pengenalan mata dan wajah. Sistem operasi ini juga memiliki sifat lintas platform. Versi ini bisa digunakan di berbagai perangkat digital, seperti PC, tablet, maupun smartphone. Demikian pula dengan berbagai macam aneka software di Windows 10 yang juga memiliki sifat lintas platform.

Windows 11

Windows 11 merupakan sistem operasi terakhir yang diluncurkan oleh perusahaan Microsoft. Microsoft melakukan perombakan besar-besaran pada hampir seluruh bagian sistem operasi terbarunya ini. Perombakan dimulai dari desain interface (UI) yang lebih terlihat segar dan nampak bersih, pembaruan fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android. Di bagian interface, perubahan paling menonjol akan terlihat di fitur-fitur pada taskbar dan menu start. Menu-menu itu tidak lagi ada sebelah kiri desktop, tetapi Microsoft menggesernya ke sisi bagian tengah seperti di sistem antarmuka, MacOS.


Microsoft juga mengubah sedikit tampilan jendela tugas yang kini sudut sedikit membulat, alih-alih tajam seperti windows lama. Tema UI Windows 11 lebih transparan dan terlihat segar. Microsoft turut memperkenalkan Snap Layout, Snap Group, dan Desktop yang disebut akan memudahkan pengguna untuk mengatur lebih banyak jendela dan mengaksesnya lebih cepat, ketika sedang melakukan multitasking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

More Updates

Stay Connected