Tampilan Windows (hottech)
Tampilan Windows (hottech)

Perkembangan Sistem Operasi Windows Dari Masa Ke Masa (part 2)

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email

ilustrasi Windows (digitaltrends.com) 
ilustrasi Windows (digitaltrends.com) 

Sistem operasi Windows (www.microsoft.com) dari tahun ke tahun mengalami pembaharuan. pada artikel sebelumnya kita sudah membahas beberapa generasi sistem operasi dari Windows 1 hingga Windows 95. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa generasi sistem operasi Windows setelah Windows 95 diluncurkan. Mari kita simak baik-baik!

Windows 98

Pada Juni 1998, Microsoft merilis generasi selanjutnya dari Windows 95, yaitu Windows 98. Di versi ini, Microsoft menyertakan fitur baru seperti Outlook Express, Microsoft Chat, NetShow Player dan Windows Address Book. Di Windows 98 ini pula, Microsoft pertama kalinya menambahkan tombol navigasi “back” dan “forward” pada address bar di Windows explorer. Microsoft juga merilis Windows 98 Edisi Kedua pada tahun 1999.

Windows ME

Kemudian pada September 2000, Microsoft meluncurkan generasi selanjutnya, Windows ME. Dari segi interface, Windows ME tak membawa perubahan yang begitu signifikan dari versi yang sebelumnya. Tetapi, sistem operasi ini mampu menarik perhatian konsumen dari pasar perusahaan karena versi Windows ini memiliki fitur-fitur yang penting seperti pemulihan sistem yang lebih otomatis. Selain itu ada juga Internet Explorer versi 5.5, Windows Movie Maker dan Windows Media Player 7 juga pertama kali muncul dan diperkenalkan pada Windows ME.

Windows 2000

Sama dengan Windows ME, Microsoft juga meluncurkan Windows 2000 di tahun yang sama. Windows 2000 ini berhasil menarik hati konsumen dari kalangan perusahaan. Sistem operasi ini menjadi versi Windows yang pertama yang mendukung opsi “hibernate” atau gabungan mode shut down dan sleep ketika hendak mematikan komputer.

Windows XP

Windows XP diluncurkan pada tahun 2001, tepatnya setelah merilis versi yang sebelumnya. Perusahaan besar, Microsot, membawa suatu perubahan pada fitur tombol start dan taskbar miliknya. Pada Windows ini, tombol start berubah menjadi warna hijau. Logo Microsoft pun diubah jadi lebih modern. Di fitur taskbar yang sebelumnya berwarna abu-abu, kini juga dirombak menjadi warna biru. Untuk pertama kalinya juga, Windows XP mendukung fitur bawaan untuk melakukan burning CD. Windows XP merupakan sistem operasi Microsoft yang paling lama beredar di pasaran, yaitu selama 13 tahun lamanya. Hingga mulai berhenti beroperasi pada 2014.

Windows Vista

Pada tahun 2007, Windows Vista telah diluncurkan dipasaran dalam jumlah yang besar. Perusahaan Microsoft turut memperbaharui tampilan Windows mereka, dengan mengusung elemen transparan serta penambahan fitur baru seperti windows Media Player 11 dan Internet Explorer 7. Tak lupa juga Windows Defender pertama kali muncul di Windows Vista. Sistem operasi pada Windows Vista menyertakan pengenalan suara, Windows DVD Maker, dan galeri foto.

Windows 7

Windows 7 pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Dari segi interface, Microsoft masih mempertahankan adanya elemen transparan pada Windows 7. Hal ini dapat dilihat secara jelas dari menu start dan taskbar. Dibandingkan Windows generasi sebelumnya, Windows 7 memiliki kinerja yang lebih stabil, cepat dan mudah digunakan. Dalam versi system operasi ini, Microsoft turut meluncurkan pengenalan tulisan tangan. Selain itu,  windows 7 juga menghadirkan fitur tangkap layar dan fitur yang memungkinkan mengubah ukuran jendela yang otomatis dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

More Updates

Stay Connected