Tampilan Windows (hottech)
Tampilan Windows (hottech)

Perkembangan Sistem Operasi Windows Dari Masa Ke Masa (part 1)

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email

Sistem operasi Windows (www.microsoft.com) dari tahun ke tahun mengalami pembaharuan. Setelah 6 (enam) tahun lamanya sejak hadirnya Windows 10, Perusahaan besar, Microsoft, akhirnya meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 11. Salah satu pembaharuan yang paling menonjol pada windows ini ialah hadirnya desain interface (UI) yang lebih segar dan bersih. Dengan diluncurkan Windows 11, ini menandakan telah ada 15 versi system operasi Windows hasil dari buatan Mircosoft sejak dirilis 29 tahun yang lalu. Lantas seperti apakah perubahan interface Windows dari tahun ke tahun, mulai dari Windows yang pertama hingga Windows 11?

ilustrasi Windows (digitaltrends.com)

Windows 1

Pada tahun 1985, Perusahaan Microsoft rintisan Bill Gates dan Paul Allen ini pertama kali merilis sistem operasi untuk PC, yang dinamai Windows 1. Dari segi tampilan, Windows 1 terlihat cukup sederhana. Penampakan jendela aplikasi tersususn dengan rapi yang terbagi rata menjadi tiga kolom. Windows 1 dilengkapi dengan beberapa fitur seperti jam, MS-DOS untuk penyimpanan berkas file, game, hingga software pengolah kata yang sederhana.

Windows 1 yang berjalan di atas MS-DOS ini, membuat para pengguna dapat menggunakan mouse, menampilkan teks, dan gambar di PC. Meski sudah tersedia, penggunaan perangkat mouse masih belum banyak orang yang terbiasa menggunakannya. Hal inilah yang membuat Microsoft membuat sebuah game bernama “Reversi“. Reversi hanya dapat dimainkan dengan menggunakan mouse. Tujuannya dibuatkan game ini agar para pengguna Windows 1 terbiasa dengan penggunaan mouse.

Windows 2

Microsoft meluncurkan Windows 2 pada Desember 1987, dua tahun setelah Windows versi awal diluncurkan. Dalam Windows 2, Perusahaan Microsoft banyak memunculkan inovasi-inovasi yang baru. Misalnya saja kemampuan jendela aplikasi yang bisa saling tumpang tindih dengan aplikasi lainnya. Serta, adanya fitur minimize dan maximize pada jendela aplikasi juga pertama kali diperkenalkan. Selain itu, Microsoft juga meluncurkan penambahan fitur “control panel”. Fitur ini berfungsi untuk mengakses beragam pengaturan sistem pada PC. Hingga saat ini, Fitur control panel masih tetap bertahan. Pada windows inilah pertama kali software Microsoft Word dan Excel muncul.

Windows 3


Windows 3 diluncurkan pertama kali pada tahun 1990. Tampilan interface Windows 3 saat itu mulai lebih menarik dan berwarna. Sejumlah ikon yang awalnya masih bernuansa hitam dan putih pada Windows 2, kini sudah memiliki warna. Misalnya saja pada fitur aplikasi paintbrush, calendar dan recorder. Pada versi sistem operasi ketiga ini, permainan kartu Solitaire pertama kali diluncurkan.

Windows 3.1

Windows ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1992.  Sistem operasi ini merupakan lanjutan dari versi Windows 3. Salah satu inovasi yang penting pada Windows 3.1 ialah adanya penambahan fitur font TrueType (TrueTypeFont/ttf). Selain itu, Perusahaan Microsoft juga menghadirkan game terbarunya, Minesweeper untuk pertama kalinya.

Windows 95

Windows ini pertama kali diluncurkan pada Agustus tahun 1995. Pada Windows 95, Microsoft menambahkan beragam pembaruan dan fitur, misalnya saja dengan penambahan tombol start dengan logo jendela khas Microsoft. Lalu untuk pertama kalinya muncul taskbar di bawah layar PC dan Internet Explorer sebagai mesin penjelajah sebelum google.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

More Updates

Stay Connected