sumber : kompas.com

Monas Pernah Jadi Saksi Sejarah Dalam HUT Jakarta

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
monas
Sumber : detik.net.id

Monas – Selamat kepada kota Jakarta yang hari ini – atau tepatnya pada tanggal 22 Juni 2021 genap berusia 494 tahun. Meski Indonesia masih berada di zona ‘merah’ covid – 19, namun agaknya perayaan HUT DKI tetap dirayakan oleh masyarakat dengan cara yang sedikit berbeda.

Demi memperingari ulang tahun ibu kota negara Indonesia tersebut, banyak netizen yang mengeluarkan ucapan selamat melalui berbagai platform sosial media. Alih – alih keluar bersama atau ‘pesta pora’ seperti yang terjadi di tahun – tahun sebelumnya, banyak warga yang lebih memilih untuk menikmati keindahan ibu kota dengan jalan yang berbeda.

Jakarta merupakan kota yang memiliki kekayaan sejarah didalamnya. Baru dua tahun lalu, saat Corona masih belum terasa, bundaran HI masih dipenuhi oleh pengunjung untuk berswafoto atau sekedar bersendau gurau semata. Namun sekarang semuanya harus dilakukan dengan cara yang tak sama.

Sejarah Singkat Kota Jakarta dan Penetapan Hari Ulang Tahunnya

Pada HUT ke 445 DKI Jakarta, Monas menjadi salah satu tempat paling strategis untuk merayakan hari lahir ibu kota. Kala itu, Monas menjadi tempat diselenggarakannya berbagai acara yang luar biasa seperti ultralight, terjun payung, serta permaianan laying – layang. Pawai besar – besaran juga dilakukan di sepanjang jalan Thamrin hingga Depan Gedung Sarinah.

Ancol juga tidak ketinggalan. Dimana kala itu banyak anak remaja yang mendatangi lokasi wisata tersebut untuk menyambut HUT DKI pada tahun 1983 lalu.

Sejarah kota Jakarta memang kompleks dan kaya. Ia berasal dari Sunda Kelapa. Yang kemudian diubah namanya menjadi Jayakarta – tepat beberapa bulan setelah menang dari Portugis di tahun 1527. Pada sekitar tahun 1956 lalu, Wali Kota Jakarta kala itu – Bernama Sudiro akhirnya menetapkan tanggal 22 Juni sebagai hari lahir kota Jakarta. Pernyataan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Perwakilan Kota Sementara Djakarta Raya No.6 / D / K / 1956.

Tanggal 22 Juni dipilih karna ia merupakan tanggal yang digunakan sebagai HUT DKI dari buku sejarah karya Prof Soekanto berjudul Dari Djakarta ke Djakarta. Meski hal tersebut masih menjadi perdebatan untuk beberapa saat setelahnya, namun akhirnya, tanggal 22 Juni tetap menjadi hari dimana Jakarta merayakan ulang tahunnya.

Dari dulu hingga sekarang, perayaan HUT DKI Jakarta memang digelar dengan banyak acara – lomba – dan perayaan – perayaan lainnya. Meski tahun ini acara tersebut dilaksanakan dengan nuansa yang jauh berbeda. Namun agaknya hal ini tidak menciutkan nyali masyarakat untuk menggaungkan ulang tahun tersebut di tagar dalam sosial media Twitter. Selain ucapan selamat, banyak netizen yang berdoa agar pandemic yang terjadi sekarang bisa segera berakhir. Dan Jakarta bisa bangkit kembali. Sekali lagi selamat untuk Jakarta dan seluruh masyarakat yang ada di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

Stay Connected

More Updates