miss universe 2020 myanmar
Sumber : parapuan.co

Miss Universe 2020 Perwakilan Myanmar Menyerukan Perdamaian

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
miss universe myanmar 2020
Sumber : philnews.ph

Miss Universe 2020 Perwakilan Myanmar – Perwakilan Myanmar Thuzar Wint Lwin mengikuti kontes Miss Universe yang diadakan di Florida. Dari keikut sertaannya tersebut, ia berharap dengan platfrom yang didapatkannya tersebut dapat untuk memohon bantuan internasional dalam pembebasan para pemimpin yang terpilih dan juga untuk menarik perhatian gerakan pro-demokrasi.

Dalam salah satu penampilannya dalam momen pertunjukan kostum nasional, Thuzar Wint Lwint mengenakan kostum dengan membawa tanda yang bertuliskan “ Pray for Myanmar”.

Tentu saja aksinya tersebut menarik banyak perhatian orang. Diketahui pada tanggal 1 februari terjadi kudeta di Myanmar yang menewaskan ratusan pengunjuk rasa. Karena itu Thuzar Wint Lwin menggunakan platfrom yang dia miliki untuk menarik perhatian gerakan pro-demokrasi dan memohon bantuan internasional dalam pembebasan para pemimpin terpilih yang ditahan.

Dalam salah satu wawancara sebelum Thuzar Wint Lwin berangkat, dia mengatakan “Mereka membunuh kami (read : orang – orang) seperti binatang.” Hal ini dikutip langsung dari nytimes.com . “Dimana Kemanusiaan ? Tolong bantu kami. Kami tidak berdaya di sini.”

Pada waktu awal gerakan protes, Thuzar Wint Lwin turut bergabung dengan demostrasi terkait kudeta yang terjadi. Dan dia ikut menyuarakan terkait pembebasan pemimpin terpilih Daw Aung San Suu Kyi yang menjadi tahanan rumah seak terjadinya kudeta. Banyak hal lain yang juga dia lakukan seperti menyumbangkan tabungan untuk para keluarga korban yang terbunuh dan juga membagikan minuman untuk para demonstran. Thuzar merupakan kontestan Miss Universe 2020 perwakilan Myanmar.

Kesaksian Thuzar Dalam Ajang Miss Universe 2020

Selain melakukan banyak hal dalam kegiatan langsung, Thuzar Wint Lwin juga melakukan penentangannya di medsos yang dia miliki. Salah satunya yaitu pada laman facebook. Dia memposting suatu foto hitam putih yang berisikan dia yang diikat tangannya, mulut di selotip dan juga mata yang ditutup. Dalam suatu kutipan dia mengungkapkan “Negara hidup dalam ketakutan, akibat serangan militer yang terjadi”.

Thuzar Wint Lwin mengungkapkan “Para tentara berpatroli di kota setiap hari dan kadang-kadang membuat penghalang jalan untuk mengganggu orang-orang yang datang”. Dia (read : Thuzar Wint Lwin) juga mengungkapkan “Dalam beberapa kasus, mereka menembak tanpa ragu-ragu. Kami takut pada tentara kami sendiri. Setiap kali kami melihatnya, yang kami rasakan hanyalah kemaran dan ketakutan.”

Sebelum berangkat ke Amerika untuk mengikuti kontes Miss Universe. Dia sedikit cemas untuk mengamati apakah namanya masuk ke dalam daftar buronan militer. Dia sering melihat laporan mengenai orang – orang terkenal yang ditahan saat mencoba meninggalkan Myanmar. Karena itu dia pergi kebandara hanya dengan menggunakan hoddie dan juga kacamata agar tidak dikenali. Kapasitas Thuzar dalam suatu wawancara di Florida dia mengungkapkan “ Saya harus melewati imigrasi dan saya sangat takut”.

Thuzar Wint Lwin juga mengatakan bahwa dia tidak memiliki tempat yang aman saat kembali ke Myanmar setelah dia angkat bicara menentang rezim. Karena itu dia tidak tahu kemana dia akan pergi setelah kontes selesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

More Updates

Stay Connected