Ilustrasi (bajtbox.com)
Ilustrasi (bajtbox.com)

Cara Meningkatkan Performa Ponsel Android

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
ilustrasi smartphone Android (digitaltrends.com)

Meningkatkan Performa Ponsel Android – Performa sebuah Android seringkali akan terasa semakin melambat seiring berjalannya waktu dan pemakaian oleh penggunanya. Hal ini tentunya akan mengecewakan, apalagi jika ponsel sudah lama dipakai dan memiliki hardware yang lawas. Performa Android yang menurun tak jarang menjadi suatu pemicu bagi kita untuk membeli perangkat baru. Namun, untuk mendapat perangkat dengan spesifikasi yang baik, dibutuhkan juga finansial yang lebih besar. Lalu, bagaimana dengan anda yang mempunyai Android dengan performa yang mulai melambat? Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini sehingga Android milikmu performanya anti lemot.

Bersihkan data Yang Tak Digunakan

Aplikasi Files buatan Google bisa anda gunakan untuk membersihkan beragam file atau berkas-berkas sampah yang tidak dibutuhkan lagi oleh mu. Dengan begitu, beban media penyimpanan ponsel akan semakin ringan dan performanya pun semakin meningkat. Untuk membersihkan ponsel, pengguna cukup membuka aplikasi Files, ke menu tab “Clean” dan mengklik tombol “Clean” di bagian “Junk files”.

Perbarui OS secara berkala

Pastikan ponsel Android yang anda pakai sudah diperbarui ke sistem operasi versi terbarunya. Meningkatkan Performa Ponsel Android Biasanya akan membuat sistem operasi akan mempengaruhi ponsel. Langkah untuk memperbarui sistem operasi bervariasi tergantung tipe dan merk ponselnya. Namun, biasanya Anda bisa meng-update suatu sistem operasi dengan cara masuk ke menu “Setting”. Setelah itu, anda klik “About device” dan “Software update”. Lalu, klik tombol “Check for updates”. Bila menemukan pembaruan, segeralah untuk mengunduh dan pasang ke ponsel anda. Selain mampu memperbaiki performa ponsel, pembaruan berfungsi juga sebagai penghadir bermacam-macam fitur baru. Hal yang sama juga berlaku bagi aplikasi yang dipasang di ponsel anda.

Hapus aplikasi yang tidak lagi Terpakai

Anda juga bisa meningkatkan Performa ponsel dengan menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai. Hal ini karena aplikasi tersebut juga bisa membuat penuh storage dan ruang pemrosesan (RAM) dalam ponsel. Artinya, aplikasi tersebut mempunyai andil dalam membebani kinerja ponsel.

Penghapusan aplikasi biasanya dilakukan dengan cara mengklik dan menahan lama ikon suatu aplikasi terkait selama beberapa detik dan anda tinggal mengklik tombol “Uninstall”. Jika aplikasi yang ingin dihapus merupakan aplikasi bawaan sistem dan tak bisa di-uninstall, anda bisa mematikan aplikasi tersebut supaya tidak memenuhi memori.

Pasangkan aplikasi versi “Lite”

Aplikasi yang cukup populer, seperti Facebook, Line, TikTok, dan aplikasi lainnya biasanya memiliki versi yang lebih ringan alias “Lite”. Versi Lite berfungsi untuk mengakomodir ponsel yang memiliki hardware minim. Anda pun bisa menggunakan aplikasi versi Lite ini dengan mengunjungi laman resmi pengembangnya di Google Play Store. Caranya adalah dengan menambahkan kata kunci “Lite” di akhir aplikasi yang ingin anda unduh, misalnya “Facebook Lite“, “TikTok Lite”, dan sebagainya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang wajib ditandai *

More Updates

Stay Connected